KALIGRAFI GRC | Alfirdaus Kontraktor Indonesia | wa 0819-3656-1008

 

JASA KALIGRAFI GRC TIMBUL | Alfirdaus Kontraktor Indonesia | wa 0819-3656-1008.


"Alfirdaus Kontraktor melayani jasa pembuatan kaligrafi GRC masjid. Kaligrafi sendiri merupakan tulisan Arab yang ditulis dengan gaya sedemikian rupa, sehingga tulisan tersebut memiliki keindahan yang bernilai seni dan enak dipandang."

 




dokumentasi pemasangan kaligrafi timbul di Indramayu
oleh Alfirdaus Kontraktor


Kaligrafi Arab lebih dikenal di Indonesia, dibandingkan kaligrafi jenis lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia menganut agama Islam, serta kaligrafi arab sudah diperkenalkan sejak dulu (bisa dikatakan turun temurun). Bahkan pada kerajaan-kerajaan islam dulu juga sudah ditemui seni kaligrafi. 

Pengertian kaligrafi sendiri yaitu sebuah ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara merangkainya menjadi tulisan yang tersusun rapi.

dikutip dari Kompas, berdasarkan buku Dasar-Dasar Linguistik (1990) oleh Djoko Kentjono, kedatangan agama Islam di Indonesia menyebabkan tersebarnya aksara arab. Aksara tersebut tidak hanya digunakan untuk naskah berbahasa Arab atau Al-Qur'an, melainkan juga bahasa Melayu yang disebut Pegon (huruf Jawa).

Huruf pegon ini juga digunakan sebagai medium pengajaran dan penulisan di sekolah dan pada penulisan kitab, terutama di pesantren.

Fungsi Kaligrafi, Ali Akbar dalam buku Kaidah Menulis dan Karya-Karya Master Kaligrafi Islam (1994), dikemukakan bahwa fungsi kaligrafi sebagai berikut:

1. Kaligrafi sebagai media ibadah dan dakwah, karya seni kaligrafi bertujuan untuk mengagungkan nama Tuhan. Sehingga kaligrafi menjadi produk seni yang tidak lepas dari unsur-unsur ibadah dan dakwah.

2. Kaligrafi sebagai sarana penyaluran kreativitas seni, Beberapa seniman kaligrafi (kaligrafer) mampu memadukan seni kaligrafi islam dengan unsur-unsur seni lokal. Pola hias tradisional yang sudah berkembang kemudian dipertahankan dan menghasilkan karya kaligrafi yang indah tanpa menghilangkan karakter tulisannya.

3. Kaligrafi sebagai penghias

4. Kaligrafi sebagai pengungkapan rasa hormat terhadap tokoh, besarnya minat seniman muslim untuk menuangkan kreativitas seni, muncul secara bersamaan dengan tingginya rasa hormat terhadap tokoh-tokoh yang berjasa.

5. Kaligrafi sebagai media komunikasi, Kaligrafi sebagai alat untuk menyampaikan maksud tertentu. Fungsi ini diwujudkan oleh salah satu sultan yang memerintah di kerajaan Aceh Darussalam untuk mengirim surat kepada penguasa negara luar.


Posting Komentar untuk "KALIGRAFI GRC | Alfirdaus Kontraktor Indonesia | wa 0819-3656-1008"